Jumat, 02 Juli 2010

CONTOH PIDATO-2

BAHAYA NARKOBA

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat siang,salam damai dan sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat ibu guru serta teman-teman yang saya cintai dan banggakan.Alhamdulillah pada hari ini kita di beri kesehatan wal afiat dan pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT.Karena atas rahmat dan kuasa-Nya kita bisa berkumpul dalam acara pidato ini.Tak lupa shalawat serta salam mari kita curahkan kepada junjungan kita semua,nabi besar Muhammad SAW,beserta keluarga,sahabat,kerabat,cucu dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Pada kesempatan ini,saya akan berpidato tentang “bahaya narkoba.” Pada dasarnya narkoba adalah obat-obatan yang bisa membuat manusia menjadi jauh lebih bodoh dari kehidupan pada normalnya,karena dengan penggunaan obat-obatan terlarang itu telah diketahui bahwa penggunaan narkoba bisa merusak saraf-saraf yang ada pada organ dalam tubuh manusia.
Di ketahui narkoba adalah obat-obatan yang tak berguna bagi manusia.Yang hanya bisa menghancurkan akhlak dan moral manusia.Terutama pelajar seperti kita,narkoba mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh kita selain narkoba juga bisa menyebabkan kematian bila sering di gunakan.Perlu kita ketahui menurut pandangan syariat islam,narkoba pada dasarnya adalah di haramkan bagi manusia.
Pada umumnya pengguna narkoba mempunyai ciri-ciri gerak fisik yang tidak wajar.Contohnya sering berkhayal berlebihan,selalu melamun dengan tatapan kosong,dan sering merasa kedinginan dan kejang-kejang di saat masa kritis atau sering disebut “sakau” dan lain sebagainya.Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang bahaya narkoba.
Singkat saja dari saya,mohon maaf apabila ada kesalahan dalam mengucapkan kata dan tidak berkenan di hati ibu guru dan teman-teman.Terima kasih atas perhatian ibu guru dan teman-teman.

Wassalamualaikum Wr.Wb


“EFEK GLOBALISASI”

Yang terhormat,Ibu guru serta,
Teman-teman yang saya cintai dan banggakan.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat pagi.

Alhamduillah,Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena hanya atas ijinNya-lah kita dapat berkumpul bersama pada acara pidato hari ini.Tidak lupa kita shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW,beserta keluarga,sahabat hingga pengikutnya hingga akhir zaman.Amin yaa rabbal alamin.
Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi yang sudah kita rasakan ini.
Di abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang sebuah jaringan internet yang bisa menghubungkan seluruh dunia.
Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negri menjadi kurang diminati. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?


Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya tersebut.
Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. Karena budaya dalam negri adalah ciri khas negri kita sendiri, yang harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya.
Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua.Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya.Terima kasih atas perhatian ibu guru dan teman-teman.Sekian dari saya.wabillahi taufiq wal hidayah.
WassalamualaikumWr.Wb

HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Yang terhormat,Ibu guru serta,
Teman-teman yang saya cintai dan banggakan.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat pagi.

Alhamduillah,Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena hanya atas ijinNya-lah kita dapat berkumpul bersama pada acara pidato hari ini.Tidak lupa kita shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW,beserta keluarga,sahabat hingga pengikutnya hingga akhir zaman.Amin yaa rabbal alamin.
Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai.
Pada kesempatan yang berbahagia ini,izinkanlah saya untuk berpidato sedikit mengenai kebersihan lingkungan. kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.
Agar kita bisa menjaga kebersihan lingkungan kita, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah2an, sampah kebuh dan sampah dapur.

2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.
Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.

Saat ini kita harus disadarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, karena akibat dari kurangnya menjaga kebersihan lingkungan dapat membuat bencana bagi kita, seperti banjir dan wabah penyakit. Dan masalah utama kita saat ini adalah Global Warming atau pemanasan global. Oleh karena itu harus timbul kesadaran dari setiap pribadi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Agar kelak, tidak ada bencana yang menimpa kehidupan kita akibat dari kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap ibu guru dan teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah kata.
Terimakasih atas perhatian ibu guru dan teman-teman
Wassalamualaikum Wr.Wb

LULUS SEKOLAH

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.Shalawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada junjungan kita semua nabi besar Muhammad SAW,beserta keluarga,kerabat,sahabat hingga pengikutnya hingga akhir zaman.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMA Pembangunan 1 bogor yang kami cintai .

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik itu kuliah,atau yang ingin bekerja,dan tetap untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua...

Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar